terjemah 8 band equaliser

Delapan Band Sub - Woofer Graphic EqualiserRod Elliott ( ESP ) [ 1 ] , Updated 19 Jul 2009Lebih Sharing ServicesShare | Berbagi di facebook Berbagi di myspace Berbagi di google Berbagi di twitterPCB Harap Catatan : PCB yang tersedia untuk proyek ini . Klik gambar untuk detail .pengantar
Sub Anda diinstal dan diatur sebaik mungkin , tetapi Anda tidak bisa mendapatkannya terdengar tepat . Beberapa frekuensi yang terlalu menonjol , sementara yang lain tampak tenang . Jika ini terdengar akrab , maka equalizer ini adalah apa yang Anda butuhkan untuk memperbaikinya . Ini bukan obat mujarab , dan tidak akan menyembuhkan ruang mustahil , namun sebagian besar gumpalan dan benjolan di respon subwoofer akan merespon dengan baik untuk menyamakan kedudukan seperti dijelaskan di sini .
Unit ini merupakan variasi 8 band pada equalizer diupgrade dijelaskan dalam Pages Project , dan didedikasikan untuk tugasnya . Papan dapat ditumpuk untuk mendapatkan lebih banyak band jika diinginkan , tetapi pengaturan yang ditunjukkan akan cukup memadai untuk kebanyakan instalasi .

Foto Selesai Dewan P84
Equalizer adalah desain Q konstan, sehingga tidak seperti kebanyakan equalizers " biasa " , tidak memiliki Q yang sangat rendah pada pengaturan rendah meningkatkan dan dipotong . Ini adalah masalah besar dengan standar ( grafis ) sirkuit equalizer , dan benar-benar dihindari dengan versi Q konstan. Menggunakan Beberapa desain Feedback Bandpass , filter ini dapat dirancang untuk setiap ( wajar ) frekuensi dan Q yang diinginkan . Sebagai 1/3 oktaf equalizer , filter Q harus 4,3 , tapi saya sengaja diturunkan ini untuk 4 untuk desain ini untuk memungkinkan tumpang tindih sedikit .
Meskipun akan selalu ada ruang " bahwa" yang menentang semua upaya untuk membuat sesuatu suara setengah layak , EQ ini akan membuang sebagian besar masalah yang mungkin ditemui .deskripsi
Equalizer adalah 1/3 oktaf Band , dengan frekuensi pusat pada 25 , 32 , 40 , 50 , 63 , 80 , 100 dan 125 Hz . Hal ini juga dapat digunakan dengan frekuensi mulai dari 20Hz jika diinginkan ( lihat tabel di bawah ) . Rangkaian itu sendiri menggunakan opamp sebagai penyangga input ( U1A ) , memastikan impedansi rendah drive buffer pembalik berikut . Semua filter didorong oleh sinyal terbalik dari U2B , dan jumlah maksimum boost atau cut ditentukan oleh nilai R8 .
U1B adalah penjumlahan amp , dan mengambil input dari kombinasi input , dan sinyal keluaran dari bus CUT - ini berasal dari pot yang digunakan sebagai kontrol tingkat untuk setiap band frekuensi . Sinyal gabungan dijumlahkan lagi dengan U2A , kali ini dengan sinyal dari bus BOOST menambahkan . Sinyal drive semua filter dilakukan oleh U2B , keuntungan yang menentukan dorongan maksimum dan cut diperbolehkan . Seperti ditunjukkan , sirkuit ini akan memberikan sekitar + / - 14dB , dan respon yang benar-benar datar dengan semua pot terpusat . Mengurangi rentang dengan mengurangi nilai R8 ( 39k ) - nilai 10k memberikan 6dB dorongan dan dipotong .
Operasi sebenarnya dari sirkuit bergantung terutama pada amplitudo dan fase dari frekuensi yang dipilih , dan itu adalah di luar lingkup artikel ini untuk menutupi itu dengan sangat rinci . Sinyal drive yang terbalik adalah kompensasi untuk kenyataan bahwa umpan balik beberapa filter yang standar pembalik pada frekuensi resonansi - saya akan menyerahkan kepada pembaca untuk bekerja dengan tepat apa yang terjadi (dengan asumsi Anda peduli , tentu saja) . Untuk rincian lengkap tentang topologi sirkuit , lihat referensi di bawah .Gambar 1Gambar 1 - Input dan Output Sirkuit
Meskipun tidak ditampilkan di sini , ada topi bypass untuk setiap opamp ganda . Ini diharapkan menjadi jenis keramik multilayer 100nF untuk kinerja terbaik . Hal ini penting jika opamps berkecepatan tinggi yang digunakan , tetapi masih penting jika menggunakan opamps TL072 dianjurkan. Ada sedikit atau tidak ada yang bisa diperoleh dalam menggunakan " audiophile " kelas opamps untuk subwoofer , karena TL072 memiliki lebih dari bandwidth yang cukup untuk pekerjaan itu . Tentu jika itu membuat Anda merasa lebih baik, maka OPA2134s atau pekerjaan yang mirip dengan indah.Angka di sebelah kiri ( tampak atas) menunjukkan pinouts standar yang digunakan untuk sebagian besar atau pada dasarnya semua opamps ganda . Jika PCB yang digunakan untuk proyek ini ( sangat dianjurkan , by the way ) , maka hanya opamps dengan pin konfigurasi ini dapat digunakan . Ini bukan pembatasan :-) penyisipan yang benar adalah ( seperti biasa ) penting , atau opamps akan mati !
Filter diulang - dua ( pertama dan terakhir ) yang ditunjukkan pada Gambar 2 , dan beberapa umpan balik ( MFB ) blok filter digunakan 8 kali untuk mendapatkan delapan band .Gambar 2Gambar 2 - Beberapa Filter Feedback Bandpass
Tabel di bawah ini menunjukkan sebutan untuk semua bagian filter. Topi keluaran ( 10uF 63V seperti yang ditunjukkan ) juga mungkin electrolytics bipolar - topi film yang akan menyenangkan , tetapi hanya terlalu besar untuk muat di papan ukuran yang layak . Perbedaan kinerja tidak mungkin terdengar dengan sistem apapun , karena topi sangat jauh lebih besar dari yang mereka butuhkan untuk berada di bahkan frekuensi terendah . The- 3dB frekuensi untuk semua jaringan output dalam bagian ini adalah 1.6Hz kasus terburuk - jauh di bawah apa pun yang kita bisa mendengar .
Komponen pemilihan frekuensi ditunjukkan dalam tabel berikut - ini cukup akurat , dan umumnya akan cocok untuk semua aplikasi . Saya telah menyertakan band 20Hz bagi mereka yang mungkin ingin memindahkan kisaran turun sedikit - hanya delapan dari frekuensi yang digunakan untuk unit . Nomenklatur untuk berbagai komponen penyaring MFB telah diubah untuk mencocokkan tanda-tanda pada PCB - ini membuat penempatan komponen jauh lebih mudah . Secara umum, berkisar dari 25Hz ke 125Hz akan lebih dari cukup untuk semua tapi subs paling ampuh .Freq Band Ri Re Rf Ci , Cf20 330K 10k 680k 100nF25 270k 8K2 510k 100nF31 270k 8K2 510k 82nF40 330K 10k 680k 47nF50 330K 10k 680k 39nF63 270k 8K2 510k 39nF80 82K 2k7 160k 100nF100 82K 2k7 160k 82nF125 150k 4k7 330K 33nF
Arrrgh ! Nilai-nilai adalah seluruh tempat - ini dilakukan untuk menghindari harus menggunakan topi secara paralel ( tidak ada ruang di papan ) , dan saya telah mencoba untuk mempertahankan nilai-nilai setidaknya cukup baik masuk akal . Sayangnya , mempertahankan Q dan frekuensi untuk seperti filter berdekatan tidak mudah , dan tabel di atas hasilnya . Jangan ragu untuk menggunakan program Filter kalkulator MFB untuk melihat apakah Anda dapat melakukan lebih baik - itu tersedia dari halaman Download.Gambar 3Gambar 3 - Opsional On-Board Power Supply
Akhirnya , bagian power supply DC . Hal ini memungkinkan papan P84 yang akan dijalankan sebagai unit yang berdiri sendiri , hanya membutuhkan daya masukan AC . Sementara P05 Power Supply direkomendasikan untuk unit ini , meskipun dalam banyak kasus akan lebih mudah untuk menggunakan pasokan on-board . Karena keterbatasan ukuran, topi filter utama adalah nilai terkecil yang akan bekerja , sehingga pasokan hanya mampu saat ini relatif rendah ( saya sarankan tentang 30mA maksimum ) . Hal ini cukup untuk menjalankan equalizer , serta P48 atau P71 sirkuit untuk koreksi speaker . Bagian AC adalah opsional - dapat dihilangkan ( menghapus dua dioda , C2 , C3 , C6 - C9 , U7 dan U8 ) . ± 15V kemudian dihubungkan ke input DC dari suplai eksternal . Tergantung pada pemasok Anda , dimungkinkan untuk menyesuaikan topi yang lebih besar daripada yang ditampilkan - saya menggunakan 2.200 uF 25V electros pada prototipe , dan mereka hanya cocok ( diameter 12,7 mm ) .
Ada satu topi bypass untuk setiap opamp . Sementara perangkat yang paling sering digunakan tidak perlu melewati tingkat , tidak sakit dan memungkinkan " lebih baik " opamps untuk digunakan jika itu membuat Anda merasa lebih baik . Dalam kebanyakan kasus, opamps TL072 disarankan adalah lebih dari cukup baik untuk aplikasi dan setiap upgrade tidak mungkin terdengar .
catatanThe PCB untuk proyek ini dirancang untuk menggunakan miniatur ( 9mm persegi, dengan atau tanpa PCB pemasangan frame) rotary pot , sehingga istilah " grafis " equalizer adalah sesuatu yang keliru . Jika diinginkan , pot geser dapat digunakan , akan tetapi harus ditransfer ke papan tulis. Hal ini tidak sulit seperti yang mungkin pertama kali berpikir, karena hanya ada 10 kabel yang dibutuhkan .Pengukuran & Pengamatan
Unit prototipe digambarkan di atas diukur , menggunakan input 15V AC dan tidak ada perumahan ( atau perisai ) apapun . Kebisingan diukur pada kurang dari 1mV tertimbang (bandwidth 3Hz - 300kHz ) . The DC offset prototipe itu 8mV pada output , sehingga Anda perlu topi coupling untuk subwoofer amp .
Dengan pasokan 15V AC , jumlah saat ini menarik adalah 92mA . Ini akan menjadi lebih tinggi jika Anda menggunakan opamps yang menarik arus lebih diam , tetapi bahkan kasus terburuk akan kurang dari 250mA . Riak tegangan yang tidak diatur adalah 65mV RMS dengan 2.200 tutup filter UF diinstal . Jika Anda menggunakan topi yang lebih kecil , itu akan lebih tinggi . Perhatikan riak yang 50Hz ( atau 60Hz ) , dan tidak 100/120Hz seperti yang Anda harapkan . Hal ini karena power supply Doubler tegangan sederhana untuk fleksibilitas maksimum .
Input atau output tegangan maksimum absolut hanya di bawah 10V RMS . Dengan meningkatkan maksimum , ada keuntungan dari 14dB ( 5 kali ) , sehingga sinyal 1V menjadi 5V (yang akan klip kekuasaan apapun yang dikenal amplifier ) . Secara umum , disarankan untuk menggunakan tingkat kontrol antara output P84 dan input amplifier sehingga sistem menjadi lebih terkendali . Tingkat input harus dijaga di bawah 2V RMS setiap saat jika dorongan maksimum sedang diterapkan pada setiap frekuensi .
Meningkatkan maksimum ( atau cut ) tidak mungkin untuk kebanyakan instalasi , dan harus dihindari jika mungkin . Kebutuhan untuk pemerataan agresif tersebut menunjukkan bahwa ada masalah lain yang harus ditangani . Mungkin perlu untuk mengubah lokasi dari sub , gunakan sepasang subs di tempat yang berbeda di dalam ruangan , atau menerapkan ruang perawatan .Menggunakan Equaliser The
Hubungkan equalizer ke dalam jalur sinyal ( biasanya antara sumber dan pemerataan subwoofer dan / atau power amplifier ) . Pastikan bahwa semua pot dipusatkan untuk respon datar awal. Pastikan sub terdengar sama seperti sebelumnya , maka sebaiknya dengan CD test ( musik yang dikenal akan bekerja juga, tapi tidak seperti yang diprediksi ) , menjalankan sapuan frekuensi ( atau sinyal meledak ) dan menyesuaikan equalizer untuk respon halus dalam rendah frekuensi . Anda harus berada dalam posisi mendengarkan normal untuk ini - kualitas suara akan berbeda di berbagai bagian ruangan , dan ini adalah bagian dari masalah di tempat pertama .
Membuat penyesuaian hemat - atas penggunaan equalizer adalah cara dijamin untuk merusak suara , sehingga membuat penyesuaian sedikit demi sedikit , satu pita pada suatu waktu . Mungkin diperlukan beberapa saat sebelum Anda benar-benar bahagia, tapi mendengarkan hati-hati dan ketekunan adalah kunci untuk mendapatkan hak ot . Secara umum, Anda lebih mungkin membutuhkan jumlah yang wajar dipotong daripada meningkatkan , dan meskipun mungkin, adalah tidak benar-benar praktis untuk membuat sirkuit asimetris .
Setelah ditetapkan , pengaturan EQ tidak akan perlu diubah , sehingga unit harus ditempatkan di mana tidak mudah diakses - Anda tahu apa yang akan terjadi jika orang lain tahu bahwa itu ada , dan apa yang dilakukannya .
Pengaturan akan perlu diubah jika subwoofer tersebut akan dipindahkan , atau jika furniture dipindahkan , ditambahkan atau dihapus dari area pendengaran . Soft furnishing besar akan membuat perbedaan terbesar , sementara kecil ( terbuka ) rak biasanya akan membuat sedikit atau tidak ada perubahan sama sekali . Kasus buku adalah hewan yang sangat tak terduga , dan hanya evaluasi yang cermat akan menentukan apakah pengaturan tetap akurat jika rak buku ditambahkan atau dihapus .referensi
Desain yang disajikan di sini didasarkan pada kertas ( Konstan Q Graphic Equalisers ) , yang ditulis oleh Dennis A. Bohn dari Rane Corporation. Karya asli dapat didownload dari situs Rane ... http://rane.com/pdf/constanq.pdf

0 komentar: