TWEETER AWET

Spul Tweeter Sering Putus

Banyak sound Engineering mengalami spul tweeter (spul driver) sering putus,terkadang acap kali menjengkelkan,ditengah tengah acara sering kali mengacaukan acara,hanya gara-gara spul tweeter putus.
Banyak yang bertanya pada saya kenapa kenapa kok sering putus.Ada beberapa faktor yang menjadikan tweeter putus.
1>Setiing cros yang kurang pas,ketinggian atau terlalu rendah
2>Terlalu banyak peak pada power amplyfier
3>kwalitas tweeter yang kurang bagus
Ada tips untuk sedikit mengatasi tweeter sering putus,di gambar ada crosofer pasif lampu halogen dan tweeter.Fungsi dari lampu halogen adalah untuk pelarian apabila tweeter dalam keadaan over load,
setelah over load lampu akan menyala.tentunya beban pada tweeter tidak terlalu berat.Sampai disini dulu besok disambung lagi.

11 komentar:

  1. kenapa ya mas pake tweter di power blazer ku selalu putus..mohon jwban y ya mas..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan gimana ngatasi spiker mid sering putus

      Hapus
  2. Salam...
    Mas, saya ada sedikit bingung soal tweeter.
    Saya punya tweeter ukuran 3 x 10 inch ada 4 biji (100 watt) dan masing masing terpasang dalam
    box bassreflex 15 inch 2 buah dan 2 lainnya terpasang dalam box speaker mid 12 inch.
    Yang saya tanyakan, untuk menyalakan tweeter gimana? Dan apa dengan tweeter semacam itu suaranya sudah lumayan?

    BalasHapus
  3. Sangat lengkap ulasan tentang spul tweeter sering putus ini gan, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca, khususnya buat saya pribadi.
    TOA.

    BalasHapus
  4. Besar juga yah voltase dan watt-nya :D

    Tweeter saja ukuran 4x4 nih, perlu spek lampu seperti apa ?

    BalasHapus
  5. Kalo speaker 15" yang merek fablous untuk middle low.. tipe berapa ya...???

    BalasHapus
  6. Kalo speaker 15" yang merek fablous untuk middle low.. tipe berapa ya...???

    BalasHapus
  7. Kalau tweter 150w acr, di kasih lampu berapa vol om?

    BalasHapus
  8. Membantu sekali saya jadi awet di sound sistem saya makasih informasi nya mas...

    BalasHapus
  9. Pengganti halogen pakai apa ya ditempat saya susah nyari lampunya

    BalasHapus